a.
Secara
umum fungsi supervisi pendidikan adalah salah satu mekanisme untuk meningkatkan
kemampuan profesional dalam upaya mewujudkan proses belajar peserta didik yang
lebih baik melalui mengajar yang lebih baik pula.
b.
Secara
khusus berfungsi pula untuk mengkoordinasi semua usaha sekolah, memperluas
pengalaman guru, mendorong usaha-usaha pembelajaran kreatif, memberikan
penilaian secara terus menerus, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan
kapada guru.
Secara
umum sasaran supervisi pendidikan adalah proses pembelajaran peserta didik
dengan tujuan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Karena itu
supervisi pendidikan menaruh perhatian utama pada upaya-upaya peningkatan profesionalitas
guru sehingga memiliki kemampuan:
1)
Merencanakan
kegiatan pembelajaran,
2)
Melaksanakan
pembelajaran,
3)
Menilai
proses dan hasil pembelajaran,
4)
Memanfaatkan
hasil penilaian
5)
Memberikan
umpan balik,
6)
Melayani
peserta didik yang mengalami kesulitan,
7)
Menciptakan
lingkungan belajar yang menyenangkan,
8)
Mengembangkan
dan memanfaatkan alat bantu pembelajaran,
9)
Memanfaatkan
sumber-sumber pembelajaran yang tersedia,
10)
Mengembangkan
interaksi pembelajaran (strategi, metode, dan teknik),
11)
Melakukan
penelitian praktis untuk perbaikan pembelajaran
Supervisi
pengajaran perlu dilaksanakan dengan beberapa alasan, yaitu :
a)
Hakikat
individu
Guru adalah manusia biasa, pada hakekatnya
manusia biasa tidak ada yangsempurna.Begitu pula guru, biasanya guru-guru
mempunyai kelebihan dankekurangan,baik dalam hal pengetahuan maupun dalam kemampuan
profesional.Kelebihan dan kekurangan tersebut perlu dibina dan ditingkatkan
melalui kegiatansupervisi.
b)
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Kehidupan manusia selalu dipengaruhi oleh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,karena itu manusia harus mampu
menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Begitu pula siswa, sebagai
generasi bangsa masa yang akan datang,perlu dipersiapkan sedemikian
rupa,sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada di
lingkungannya.
Sekolah sebagai lembaga yang diserahi tugas
dan tanggung jawab mempersiapkan generasi penerus perlu terlebih dahulu
berbenah diri,antara lain membekali guru-guru dengan pengetahuan dan kemampuan
yang diperlukan untuk memperlancar tugas mereka sebagai guru.Salah satu cara
yang dianggap efektif untuk meningkatkan kemampuan profesional guru adalah
melalui supervisi.
c)
Pertumbuhan
jabatan
Pertumbuhan jabatan merupakan salah satu
aspek yang diduga ikut mempengaruhi motivasi kerja guru. Karena itu,
pertumbuhan jabatan perlu mendapat perhatian agar mereka dapat berkembang
sesuai dengan kemampuan profesionalnya. Salah satu wujud perhatian terhadap
pertumbuhan jabatan guru tersebut ditunjukkan dengan memberikan bantuan,
bimbingan dan motivasi kepada guru terutama yang mengalami kesulitan dalam
pertumbuhan jabatannya.