Langah-langkah Menyusun
Kompetensi Dasar / KD
Adapun
dalam mengkaji Kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana yang tercantum pada
standar isi dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.
Urutan
berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/ atau tingkat kesulitan materi,
tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada distandar isi.
b.
Keterkaitan
antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c.
Pada
dasarnya rumusan kompetensi dasar itu ada yang operasional maupun yang tidak
operasional karena setiap kata kerja tindakan yang berada pada kelompok
pemahaman dan juga pengetahuan yang tidak bisa digunakan untuk rumusan
kompetensi dasar.
Sehinggah
langkah-langkah untuk menyusun kompetensi dasar adalah sebagai berikut:
1)
Menjabarkan
Kompetensi yang dimaksud, dengan bertanya : “kemampuan apa saja yang harus
dimiliki siswa agar standar kompetensi dapat dicapai?” jawaban dari pertanyaan
tersebut kemudian didaftar baik yang menyangkut pengetahuan, sikap dan
keterampilan.
2)
Tulislah
rumusan Kompetensi Dasarnya.
Langkah-langkah
penyusunan Indikator
Sebelum
melakukan penyusunan indicator, maka harus diperhatikan terlebih dahulu komponen-komponen
sebagai berikut :
a.
Indikator
merupakan penjabaran dari KD yang menunjukkan tanda-tanda, perbuatan atau
respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik.
b.
Rumusan
indicator menggunakan kerja operasional yang terukur atau dapat diobservasi
c.
Indikator
digunakan sebagai bahan dasar untuk menyusun alat penilaian.
d.
Kata-kata
Operasional yang Dijabarkan Dalam Membuat Indikator:
Berikut
ini urutan cara penyusunan Indikator :
a.
Mengkaji
KD tersebut untuk mengidentifikasi indikatornya dan rumuskan indikatornya yang
dianggap relevan tanpa memikirkan urutannya lebih dahulu juga tentukan
indikator-indikator yang relevan dan tuliskan sesuai urutannya.
b.
Kajilah
apakah semua indikator tersebut telah mempresentasikan KD nya, apabila belum
lakulanlah analisis lanjut untuk menemukan indikator-indikator lain yang
kemungkinan belum teridentifikasi.
c.
Tambahkan
indikator lain sebelumnya dan rubahlah rumusan yang kurang tepat dengan lebih
akurat dan pertimbangkan urutannya.