PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah/madrasah merupakan pendidikan yang
berlangsung secara formal artinya terikat oleh peraturan-peraturan tertentu
yang harus diketahui dan dilaksanakan. Di sekolah, murid atau anak tidak lagi
diajarkan oleh orang tua, akan tetapi gurulah sebagai pengganti orang tua.
Sekolah/madrasah merupakan lembaga pendidikan kedua yang bertugas membantu
keluarga dalam membimbing dan mengarahkan perkembangan serta pendayagunaan
potensi tertentu yang dimiliki siswa atau anak, agar mampu menjalankan
tugas-tugas kehidupan sebagai manusia, sebagai anggota masyarakat, ataupun
sebagai individual.
Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan
terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati,
mengimami, bertakwa, dan berakhlak mulia mengamalkan ajaran agama Islam dari
sumber utamnya kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran latihan, serta penggunaan pengalaman.
Dari
latar belakang masalah di atas, penulis mengemukakan permasalahan sebagai
berikut :
1.
Apa
pengertian sarana, prasarana, dan fasilitas
pendidikan Islam?
2.
Apa
fungsi lingkungan pendidikan Islam?
3.
Apa
pengaruh sarana, prasarana, fasilitas dan lingkungan pendidikan Islam?\