BAB III
KESIMPULAN
Dari materi di atas
ada beberapa poin yang dapat disarikan dalam tema Materi Pelajaran dan Analisis Tugas ini :
Materi pelajaran
adalah sebuah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh
semua peserta di dalam memenuhi standar pembelajaran kompetensi yang telah
ditetapkan.
Jenis-jenis materi
pelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.
Fakta
2.
Konsep
3.
Prosedur
4.
Prinsip
5.
Sikap
/ nilai.
Prinsip-prinsip yang
dijadikan dasar dalam menentukan materi pelajaran adalah :
a.
Relevansi
(kesesuaian)
b.
Konsistensi
(keajegan)
c.
Adequency (kecukupan).
Dalam materi
pelajaran guru harus mengidentifikasi materi pelajaran dengan
mempertimbahkan hal-hal di bawah ini :
1)
Kompetensi
peserta didik
2)
Relevansi
dengan karakteristik daerah
3)
Tingkat
perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual peserta didik
4)
Kebermanfaatan
bagi peserta didik
5)
Struktur
keilmuan
6)
Aktualitas,
kedalaman, dan keluasan materi pelajaran
7)
Relevansi
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, dan
8)
Alokasi
waktu.
Guru dapat menyusun
materi pelajaran dengan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Pendidikan Agama Islam.
Analisis tugas adalah
proses menganalisis bagaimana manusia melaksanakan tugas, apa saja yang mereka
lakukan, peralatan apa yang digunakan, dan hal-hal apa saja yang perlu
diketahui. Jadi dapat disimpulkan bahwa analisis tugas adalah proses pencarian
jalan keluar terhadap sebuah pekerjaan. Dalam analisis tugas harus ada sumber
informasi, merinci tugas, dan membuat diagram alir.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.informasi-pendidikan.com/2014/06/jenis-dan-pengertian-materi-pembelajaran.html
2.
Martinus
Yamin, 2012. Desain Baru Pembelajaran
Konstruvistik, Jakarta : Ciputat Mega Mall