Komponen
lain yang harus diperhatikan dalam perencanaan pembelajaran adalah penentuan
materi pokok. Materi pokok harus disusun sedemikian rupa agar dapat menunjang tercapainya
kompetensi.
Materi
pokok adalah pokok-pokok materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa
sebagai sarana pencapaian kompetensi dan yang akan dinilai dengan menggunakan
instrument penilaian yang disusun berdasarkan indicator pencapaian belajar.
Karena
standar materi pokoktelah ditetapkan secara nasional, maka materi pokok tinggal
disalin dari buku Standar kompetensi Mata Pelajaran. Sementara tugas para
pengembang silabus adalah memberikan jabaran/ materi pokok tersebut ke dalam
uraian meteri atau biasa disebut materi pembelajaran untuk memudahkan guru,
sekaligus memberikan arah serta cakupan materi pembelajarannya.
Materi
pokok disusun untuk pencapaian tujuan, karenanya materi pokok dipilih sesuai
dengan kompetensi dasar yang harus dicapai.
Beberapa
pertimbangan yang harus diperhatikan dalam menentukan materi pokok adalah:
a)
Potensi
peserta didik
b)
Relevan
dengan karakteristik daerah
c)
Tingkat
perkembangan fisik, intelektual, emosional, social, dan spiritual peserta didik
d)
Kebermanfaatan
bagi peserta didik
e)
Struktur
keilmuan
f)
Aktualitas,
kedalaman, keluasan materi pembelajaran,
g)
Relevan
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
h)
Sesuai
dengan alokasi waktu yang tersedia
i)
Merumuskan
kegiatan pembelajaran.