BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sarana pendidikan adalah peralatan dan
perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan,
khususnya proses belajar mengajar, seperti ruang kelas, meja kursi, serta
alat-alat dan media pengajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar
baik seorang pendidik ataupun seorang anak didik, misalnya dalam menggunakan
buku dan alat tulis lainnya.
Sedangkan yang dimaksud dengan prasarana
pendidikan adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung menunjang jalannya
proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan
menuju sekolah, tetapi tidak dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar,
seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah sebagai sekolah
lapangan olahraga, komponen tersebut merupakan sarana pendidikan.
Jadi, fasilitas pendidikan Islam adalah
segala sesuatu yang bersifat fisik maupun material, yang dapat diartikan
sebagai sarana dan prasarana yang dapat memudahkan terselenggaranya dalam
pembelajaran pendidikan Islam. Sarana yang diperlukan dalam pembelajaran
dibedakan menurut fungsi, jenis,dan sifat barang.
Selain sarana, prasarana, dan fasilitas
pendidikan yang menjadi faktor pendukung
dalam pendidikan adalah lingkungan. Lingkungan dalam pendidikan sering disebut
dengan tripusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Pengaruh
sarana dan prasarana pembelajaran terhadap pendidikan sangat besar karena akan
memotivasi siswa dalam belajar, sehingga prestasi belajarnya akan meningkat
Selain lingkungan masyarakat luas yang harus
diperhatikan dalam lingkungan pendidikan seorang peserta didik atau anak adalah
teman bermainnya. Yang dapat dilihat dari usia, pekerjaan, dan latar belakang
pendiidikan. Orang tua sebagai faktor utama dalam pemberian pengajaran dan
contoh bimbingan bagi anak sebelum mereka mengenal sekolah dan masyarakat.
B. Saran
Sebagai seorang pendidik ataupun orang tua,
sebaiknya dapat mengerti dan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan karakteristik
dalam pendidikan. Masih begitu banyak para anak-anak usia pelajar yang
mengalami kehidupan dalam masyarakat yang tidak seharusnya masuk dalam dunia
pendidikannya. Masih banyak buku dan referensi yang harus dipelajari oleh
seorang pendidik dalam memotivasi peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Ariffin,
Muzayyin, 2011. Kapita Selekta Pendidikan
Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
2.
Al-Asqalani,
Ibnu Hajar, Fath AL Bari, 2006. Penjelasan
Kitab Shahih Al Bukhari, Juz. III,
Jakarta: Pustaka Azzam.
3.
Daradjat,
Zakiah, 1996. Ilmu Pendidikan Islam,
Jakarta : Bumi Aksara.
4.
Daryanto,
2010. Belajar dan Mengajar, Bandung : Yrama Widya.
5.
Djamaluddin,
1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam,
Bandung: Pustaka Setia.
6.
Patmonodewo,
Soemiarti.2003. Pendidikan Anak
Prasekolah, Jakarta : Reneka Cipta
7.
Susilo,
Muhammad Joko.2006 .Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan, Yogjakarta,
8.
Tafsir,
Ahmad.2008.Ilmu Pendidikan Dalam
Perspektif Islam. Bandung : ROSDA.
9.
Tirtarahardja,
Umar dan S.L.La Sulo,2005. Pengantar
Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
10.
http://sumamusi.blogspot.com/2014/11/sarana-dan-prasarana-lingkungan.html
11.
http://sisipandanglain.blogspot.com/2014/11/makalah-fasilitas-pembelajaran-dalam.html