BAB III
KESIMPULAN
Dari
pembahasan pada bab sebelumnya mengenai bimbingan dan konseling dalam
pendidikan Islam maka dapat disimpulkan bahwa:
1.
Bimbingan
dan konseling dalam pendidikan Islam ialah suatu aktifitas memberikan
bimbingan, pengajaran, dan pedoman kepada peserta didik yang dapat
memngembangkan potensi akal pikiran, kejiwaan, keimanan dan keyakinannya serta
dapat menanggulangi problematika dalam keluarga, sekolah dan masyarakat dengan
baik dan benar secara mandiri berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Hadis. Dengan
menggunakan teknik-teknik tertentu baik yang bersifat lahir ataupun batin yang
dilakukan oleh guru BK / BP dalam lingkungan sekolah / madrasah.
2.
Tujuan
bimbingan dan konseling pendidikan Islam adalah membantu individu mencegah
timbulnya problem-problem yang berkaitan dengan kegiatan belajar / pendidikan,
membantu individu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan
belajar/pendidikan, dan membantu individu memelihara situasi dan kondisi
kegiatan belajar agar tetap baik dan mengembangkannya menjadi lebih baik.
3.
Teori-teori
bimbingan dan konseling dalam Islam ialah teori Al-Hikmah, teori Al-Mau’izhoh
Al-Hasanah, dan teori Mujadalah yang baik.
4.
Fungsi bimbingan dan konseling dalam pendidikan Islam adalah rehabilitasi,
edukatif, preventif, kuratif.
DAFTAR PUSTAKA
- Amin, Samsul
Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling
Islam. Jakarta: Amzah.
- Arifin, M. 1991. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan
Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
- Umar, M. dan
Sartono. 2001. Bimbingan dan
Penyuluhan Untuk Fakultas Tarbiyah, Komponen MKDK. Bandung: CV.
Pustaka Setia.
- http://antoniyuzar.wordpress.com/2010/05/13/bimbingan-dan-konseling/
- http://blog.beswandjarum.com/abdullahjamalluddin/2009/10/06/pembidangan-masalah-masalah-dalam-bpa/
- http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2037794-bimbingan-dan-konseling-dalam-pendidikan/
- http://mahasiswa.iainpalu.ac.id/blog/bimbingan-konseling/
- http://fatimatuzzahrofadhil.blogspot.com/2011/09/bimbingan-dan-konseling-dalam
islam.html