BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
mempunyai beberapa komponen di dalamnya. Tidak akan terlaksana pendidikan
apabila tidak terpenuhi semua komponen-komponen tersebut. Salah satu dari
komponen tersebut adalah adanya peserta didik. Siapakah sebenarnya peserta
didik itu?
Jawabannya adalah begitu beragam. Menurut pasal 1 ayat 4 UU RI No.
20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, peserta didik adalah anggota
masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur
jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Itu adalah sekilas pengertian tentang
peserta didik.
Tetapi untuk mengetahui siapa sebenarnya peserta didik itu
adalah dengan mencari hakikatnya. Untuk itu, dalam makalah ini akan dibahas
tentang hakikat peserta didik, khususnya dalam pandangan Filsafat Pendidikan
Islam.
B. Rumusan Masalah
1.
Pengertian Peserta Didik
2.
Hakikat Peserta Didik
3.
Sifat-Sifat yang Harus Dipenuhi
Peserta Didik
4.
Kebutuhan Peserta Didik
5.
Intelegensi Peserta Didik
6.
Potensi Peserta Didik.