BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan dapat
dipandang sebagai suatu proses pemberdayaan dan pembudayaan individu agar mampu
memenuhi kebutuhan perkembangan dan memenuhi tuntutan sosial, kultural, serta
religius dalam lingkungan kehidupannya. Pengertian pendidikan seperti ini
mengimplikasikan bahwa upaya apapun yang dilakukan dalam konteks pendidikan
seyogyanya terfokus pada upaya memfasilitasi proses perkembangan individu
sesuai dengan nilai agama dan kehidupan yang dianut.
Keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan
sangat tergantung pada keberhasilan guru merancang Materi Pelajaran. Materi
Pelajaran dapat ditentukan dengan langkah-langkah : identifikasi standar
kompetensi dan kompetensi dasar, identifikasi jenis-jenis Materi Pelajaran, penentuan
cakupan Materi Pelajaran, urutan
materi pembelajaran.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa
yang dimaksud dengan Materi Pelajaran?
2.
Bagaimana
menyusun materi pelajaran?
3.
Bagaimana
membuat analisis tugas?