Hubungan
masyarakat dan lembaga pendidikan merupakan sarana yang sangat berperan dalam
membina serta mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah,
masyarakat dan lembaga pendidikan memiliki hubungan yang sangat erat dalam
mencapai tujuan atau pendidikan secara efektif dan efisien.
Sebaliknya
lembaga pendidikan juga harus menunjang pencapaian tujuan atau pemenuhan
hubungan masyarakat, khususnya kebutuhan pendidikan.
Pengaruh
masyarakat terhadap lembaga pendidikan terasa amat kuat dan berpengaruh pula
kepada para individu yang ada dalam lingkungan lembaga pendidikan. Oleh sebab
itu, perlu dipertimbangkan dalam memperbaiki dan mempertinggi hubungan kerja
sama antara masyarakat dan lembaga pendidikan yaitu dengan melibatkan orang tua
dan masyarakat serta isu-isu yang timbul dan bagaimana menyelesaikan isu-isu
tersebut.
Dengan
mengadakan kontak hubungan dengan masyarakat akan memudahkan lembaga pendidikan
itu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi lingkungannya.
Lembaga
pendidikan lebih mudah menempatkan dirinya dimasyarakat dalam arti dapat
diterima sebagai bagian dari milik warga masyarakat.
Dengan
melihat betapa pentingnya aspek hubungan masyarakat dengan sekolah yang
nantinya diharapkan dapat mewujudkan sekolah yang bermutu maka penulis akan
menjelaskan bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat sebagai strategi dalam upaya
meningkatkan mutu lembaga pendidikan.