Teori
merupakan hasil analisis manusia yang bisa dibuktikan kebenarannya. Suatu teori
bersifat tetap dan suatu teori dapat ditinggalkan apabila dijumpai teori baru
atau hasil pengembangan dari teori sebelumnya.
Sedangkan
belajar adalah suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan.
Belajar
bukan hanya mengingat akan tetapi belajar lebih luas daripada itu, yakni
mengalami, hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan
perubahan kelakuan, kegiatan belajar dapat dihayati (dialami) oleh orang yang
sedang belajar dan juga dapat diamati oleh orang lain.
Kegiatan
belajar yang berupa perilaku kompleks tersebut menimbulkan berbagai teori
belajar. Seorang pebelajar atau siswa harus menghayati apa yang di pelajarinya
karena erat hubungannya dengan usaha pembelajaran, yang dilakukan oleh
pembelajar atau guru.Pengertian belajar menurut para ahli :
1.
Suatu
aktivitas mental dan psikis dalam berinteraksi dengan lingkungan yang
menghasilkan perubahan perilaku pada diri sendiri (Wingkel, 1987).
2.
Suatu
perilaku yang ditimbulkan dari respon belajar (Skinner).
3.
Suatu
aktivitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan
pribadi yang bersifat permanen (Walra, Rochmat, 1999:24).