Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1.1
Sekolah
|
:
|
SMP
............................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
|
Indikator
|
|
·
Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah
·
Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah
·
Menyebutkan huruf-huruf
Syamsiyah
·
Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, "Al" Qamariyah
dan menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah
maupun Qamariyah.
Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
"Al" Syamsiyah
·
Pengertian
"Al" Qamariyah
·
Huruf-huruf Syamsiyah
·
Huruf-huruf
Qamariyah
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
bertanya mengenai ilmu tajwid.
·
Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
·
Guru
memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi tutor sebaya.
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap
kelompok.
Kegiatan
Inti
·
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam
Qamariyah.
·
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf syamsiyahd an qamariyah
dalam kelompok masing-masing.
·
Siswa
berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan Alif Lam Syamsiyah
dan Qamariyah, menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok
masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo
Belajar Agama Islam untuk SMP, Jilid 1/ Kelas VII, Edisi Standar Isi 2006, Tim
Abdi Guru, Penerbit Erlangga, Jakarta
·
LKS MGMP
PAI SMP
·
Mushaf
Al-Qur’an
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Teknik
·
Tes
tertulis
Bentuk
Instrumen
·
Tes
uraian
Instrumen
1.
Jelaskan pengertian “Al” Syamsiyah !
2.
Sebutkan huruf-huruf Syamsiyah !
3.
Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah !
4.
Sebutkan huruf-huruf Qamariyah!
5.
Apakah arti lafal Syamsiyah?
6.
Apakah arti lafaz Qamariyah?
7.
Mengapa “Al” Syamsiyah disebut juga idgham syamsiyah?
8.
Mengapa “Al” Qamariyah disebut juga izhar qamariyah?
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala
Sekolah
________________
___________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................