Peserta didik dalam
melaksanakan analisis tugas akan membutuhkan informasi yang benar dan rinci
dari semua aspek pekerjaan yang dilakukannya dan akan mengacu pada petunjuk dan
prosedur yang sesuai dengan aturan.
Menurut Kemp
(1985;91) “pakar adalah sumber informasi yang terbaik” setiap tugas yang baik
dilampiri petunjuk analisis tugas, pembelian barang seperti furniture,
televisi, dan barang lainnya sebagai petunjuk penggunaan dan perakitannya,
sehingga analisis tugas dapat dilakukan dengan benar oleh si pemakai.
Orang yang tidak
membutuhkan petunjuk dan analisis tugas adalah seseorang yang sudah profesional
atau seseorang yang telah memiliki pengalaman dengan peralatan tersebut.
Lebih lanjut, Kemp
(1985;91) menambahkan untuk melengkapi dan membenarkan pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki pakar adalah :
a)
Buku acuan, buku petunjuk, dan pustaka lain
dari perpustakaan atau dari pembuat (pabrik).
b)
Film atau video dan bahan pandang-dengar lain
tentang perdagangan dan kerja yang menggambarkan tugas yang akan dilaksanakan.
c)
Kunjungan ke tempat praktik kerja (yang
menerapkan cara yang mutakhir) wawancara dan pengamatan mengenai tugas yang
tengah dilakukan.